Bagaimana melihat sekaligus dua kenyataan ?

 


Moreno Chavez

Mana yg benar? Merujuk pada realitas yg berwujud dan berbentuk.
Manay yg betul ? Merujuk pada kenyataan yg berwujud namun bisa saja tidak berbentuk.
Korelasi nya adalah kenyataan itu adalah bagian dari realitas maka ada dua kenyataan, ada dua yg betul. Maka keduanya betul karena dilihat dari paradigma/perspektif yg berbeda.
Artinya 9 ataupun 6 itu betul, keduanya dilihat dari cara yg berbeda. Ini objektivitas yg jelas yg digunakan untuk berfikir secara logis, rasional dan juga relevan.


Tidak ada perseteruan dari kubu manapun jika dijelaskan bahwa kedua kubu ini dilihat dari cara pandang yg berbeda. Tidak perlu ada keberpihakan ataupun objektif yg tidak memihak. Kebenaran adalah melihat apa ada nya.

Anjar Purbabirawa

Moreno Chavez Bagaimana jika dia kubu itu memperjelas dirinya sbg yg hak dan yg batil. Sedang si batil dombongkan diri selaku yg hak ?


Anjar Purbabirawa kedua belah pihak itu tentu harus memiliki landasan. Kemudian ada pragmatisme yakni tidak hanya perlu landasan tetapi juga perlu ada manfaatnya. Jika tidak ada manfaat maka kedua itu sama saja kedudukan nya. Jika salah satu memahami manfaat, walau tidak berlandaskan maka justru itu yg benar.
Dari penjelasan diatas, maka muncul konsep mengalah untuk menang. selalu ingat, pikiran dan juga tenaga itu untuk hal hal yg "bermanfaat".

Nahda Shayni

benar itu tidak untuk diperlombakan, kebenaran biarkan saja menjadi keyakinan masing2 tiap orang, setiap orang memiliki kebenaran yang mereka pegang erat, jadi kita tidak bisa memaksakan kebenaran kita yakini kepada orang lain, dalam kitab agama saya mengatakan "fastabiqul khairat" berlomba-lombalah dalam kebaikan bukan kebenaran, kebenaran biarkan menjadi keyakinan masing2, jangan kebenaran yg kita yakini membuat kita mencaci kebenaran2 yang diyakini orang lain, mari tetap berbuat kebaikan walaupun berbeda2

Fie Al-kahfie

Kebenaran itu bukan benda yg bisa dilihat dari segala macam sudut pandang.Ingat analogi empat orang buta dan gajah. Mereka berdebat tentang kebenaran, gajah itu sperti apa. Ada yg bilang gajah itu seperti daun krn yg dirabanya hanya kupingnya. Yg lain bilang gajah itu sperti tali krn yg dirabah adalah belalainya.Kebenaran jelas tidak bisa dilihat dari sisi pandang tiap orang sbgm diilustrasikan pd angka 9 da 6 itu.Kebenaran adalah kumpulan dari semua sudut pandang, sehingga yg di nilai itu sesuai esensi yg sebenarnya. Nilai Kebenaran itu bukan berdasar cara, selera pandang masing2 orang. Tp dari keseluruhan sudut pandang yg ada, sehingga esensi bentuk dan rupa yg sebenarnya menjadi kebenaran absolut yg bisa dijadikan pegangan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana melihat sekaligus dua kenyataan ? "

Post a Comment